Contoh Rantai Makanan Ekosistem Danau

contoh rantai makanan di danau

Pada dasarnya ekosistem di bumi terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu ekosistem daratan dan ekosistem perairan. Nah ekosistem danau termasuk ke dalam ekosistem perairan.

Nah ekosistem perairan sendiri terbagi lagi menjadi beberapa macam, misalnya saja seperti ekosistem laut, rawa, sungai, air payau, dan ekosistem danau.

Danau juga bisa disebut sebagai ekosistem alami atau ekosistem buatan. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa danau yang terbentuk karena buatan atau campur tangan manusia, dan ada juga yang alami.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai rantai makanan ekosistem danau yang ada.

Contoh Rantai Makanan Ekosistem Danau

Berikut ini adalah beberapa contoh rantai makanan yang ada di sekitar danau yang kami kutip dari academia.co.id, antara lain:

1. Fitoplankton – Ikan – Burung Pemangsa Ikan – Pengurai

Sudah tidak asing lagi jika di danau terdapat banyak sekali fitoplankton. Fitoplankton di sini memiliki peran sebagai produsen yang mempunyai kemampuan untuk memproduksi makanan serta energi untuk diri mereka sendiri.

Fitoplankton menjadi makanan bagi ikan kecil yang tinggal di danau, setelah itu ikan kecil akan dijadikan makanan ikan yang berukuran lebih besar. Lalu rantai makanan ini dilanjutkan dengan burung pemakan ikan.

Saat burung pemangsa ikan tersebut mati, maka bangkainya akan diuraikan oleh pengurai. Seperti cacing dan jamur yang membuat bentuknya kembali menjadi energi bagi tanah.

2. Eceng Gondok – Serangga – Ikan kecil – Ikan Besar – Manusia – Pengurai

Tanaman eceng gondok juga menjadi salah satu produsen yang ada di danau. Eceng Gondok ini nantinya akan menjadi makanan bagi serangga yang ada disekitar danau.

Lalu nantinya serangga tersebut dimakan oleh ikan yang berukuran kecil. Setelah itu rantai makanan dilanjutkan dengan ikan yang berukuran besar. Dan berakhir dengan manusia yang mengkonsumsi ikan di danau tersebut.

3. Tanaman Hydrilla – Siput – Burung Pemakan Ikan – Pengurai

Tanaman air atau tanaman hydrilla menjadi sumber makanan utama bagi siput yang ada di wilayah sekitar danau. Siput yang memakan tanaman air ini menjadi santapan bagi burung yang ada di danau.

Setelah itu burung tersebut mati maka akan menjadi bangkai, dan bangkai tersebut akan diuraikan oleh jamur atau bakteri yang ada di sekitarnya.

Nah itulah beberapa Contoh Rantai Makanan Ekosistem Danau. Jika anda masih bingung, silahkan tulis di kolom komentar.

Related Post