Mining Design Aplikasi Desain Pertambangan

3dMine software desain tambang

Modul Desain ini dibuat dengan menggambungkan desain pertambangan, perancanaan tambang dan simulasi profuk, sehingga memberikan banyak keunggulan seperti membuat draft desain pada permodelan, komputer, perhitungan  serta proses simulasi.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kebebasan kepada mine engineer serta mine manager untuk mengestimasi serta menghitung secara profesional tanpa harus merasa bosan. Aplikasi ini juga bisa menghemat banyak waktu dan energi sehingga pekerjaan yang ada di tambang menjadi lebih efektif dan efisien untuk dikerjakan.

Open Pit Design

Pembuatan ramp serta jenjang ppada pit tambang bisa dibuat secara bersamaan dan otomatis berdasarkan paramater – paramater yang sudah disetting sebelumnya. Pembagian sudut dan lebar jenjang juga bisa disetting berbeda pada area high wall, side wall, dan low wall.

Pembuatan desain serta perhitungan model ramp, dumpingan, jalur transportasi bisa dibuat dengan mengkombinasikan model geologi menggunakan modul ini. Laporan akhir akan menampilkan nilai serta parameter seperti striping ratio, volume, tonase, cut of grade dan lain sebagainya.

Open Pit Limit Optimization

Bagian terpenting dari open pit design adalah pemilihan metode penambangan pada studi pre-feasibility tambang, dimaan parameter teknis serta ekonomi yang akan digunakan untuk pembuatan batasan pit optimasi tambang.

Aplikasi ini menggunakan teori algoritma (Lerches-Grossman) dengan memasukan parameter – parameter teknis serta eknomi dengan menambahkan sensitivitas nilai harga bahan galian, sehingga 3D Mine bisa menampilkan model optimum penambangan serta dengan grafik dan tabel pit optimisasi.

Hasil tersebut bisa digunakan sebagai dasar dari pembuatan desain penambangan yang diperlukan untuk tahapan berikutnya.

Mid-Tem and Ling Term Production Planning

3DMine software menyediakan berbagai fitur pembuatan dengan mengkombinasikan serta menggabungkan model geologi, 3dMine software juga bisa mengevaluasi serta memproyejsi tahapan progres penambangan berdasarkan jumlah coal serta jumlah waste yang diinginkan dalam waktu tertentu.

Proyeksi ini bisa berupa nilai produksi yang direncanakan dengan tampilan grafis serta kurva striping ratio.

Mid-term and Short-tem Production Planning

3DMine software bisa digunakan untuk perhitungan serta pembuatan desain tambang dan juga bisa untuk pembuatan desain tambang bawah tanah. Hanya dengan drag and drop, para pengguna bisa menentukan volume pada batasan area tertentu.

3DMine akan secara otomatis membuat perhitungan material tertambang serta menghitung volume ore dengan menampilkan nilai serta kuantitas.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai software 3DMine yang kami kutip dari https://ilmutambang.com/. Selain itu dengan software ini juga memungkinkan para penggunannya untuk mendesain pembuatan jalan angkutan pertambangan. Bagaimana? Sangat bagus bukan?

Related Post